Jumat, 04 Februari 2011

Materi TIK kelas 7.6.2


Sebenarnya awal mula computer terbentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage. Babbage membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial.
            Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja selama 10 tahun menggunakan mesin diferensial, Babbage membuat computer genera purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Analytical Engine merupakan alat komputasi pertama yang mengunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
            Pada tahun 1890, Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch car (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media datanya. Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak computer modern.
            Pada tahun 1944, Howard Aiken dari Havard University yang bekerja sama dengan International Bussiness Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark I dan dapat dikatakan sebagai computer pertama yang diciptakan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar