Jumat, 04 Februari 2011

Materi TIK kelas 7.5


Sejarah Perkembangan TIK

            Perkembangan dan kemajuan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dipaparkan di atas tidak terlepas dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit seperti computer.

1.  Sejarah Perkembangan Alat Hitung
            Orang Indian Inka di Amerika Selatan menggunakan simpul-simpul pada tali sebagai lambang bilangan. Setiap lambang bilangan dilambangkan oleh susunan simpul yang khusus. Keseluruhan susunan simpul-simpul itu disebut kuipu.
            Sekitar 1800 tahun yang lalu ditemukan alat hitung sederhana yang disebut dengan sempoa (abacus). Sempoa paling tua ditemukan di Mesopotamia di Pulau Salamis dan Hiroglif Fir’aun di Mesir. Abacus ini merupakan cikal bakal lahirnya computer.
            Inti kerja sempoa adalah menaikan dan menurunkan biji-bijinya dengan jari. Setelah ditemukannya sempoa, alat hitung pun berkembang dengan ditemukannya tulang-tulang Napier (Napier’s Bones). Dengan menggunakannya kita dapat melakukan perhitungan logaritma.
            Jika dahulu menggunakan sempoa sekarang kita dapat menggunakan kalkulator sebagai alat hitung praktis dan cepat. Selain kalkulator biasa ada juga kalkulator scientific yang bisa melakukan perhitungan yang bervariasi.
Kemajuab alat hitung merupakan cikal bakal dari perkembangan computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar