Jumat, 04 Februari 2011

Materi TIK kelas 7.6.1


2. Sejarah Perkembangan Komputer
            Komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan computer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya computer itu sama saja dengan alat hitung.
            Sejarah perkembangan computer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang disebut sempoa (abacus). Selanjutnya, pada tahun 1917 Jhon Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom yang masing-masing berisikan angka dari 1 sampai 9 yang dikenal dengan nama Napier’s Bones. Di tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
            Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numeric untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline.
            Pascaline menggunakan delapan roda putar bergigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Pada tahun 1694, Gottfred Wilhem Von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Liebnitz Calculation Machine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar